Beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Desa Sumber Rejo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang


Date
2018
Author
Yuliaji Siswanto, S.KM., M.Kes. (epid)
ABSTRACT Achievement study’s a child was influenced by several factors like are nutrient status, parent’s actor and social economy of family. Students who suffer nutrient was low would coused consentration interference in study. Based on preface survey at Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda on Sumber Rejo Village, Pabelan Sub District, Semarang Regency 2005/2006 was could result that students in there got fisth rank in achievenment of study from all Pabelan sud District and got decrease as number two of rank in 2006/2007 year. This purpose of this research was to knew several factors which have related with achievement study. The research was conducted by using descriptive correlation design with cross sectional approach. Population in this research were all students at Madrasah Ibtidaiyah Miftahu Huda on Sumber Rejo Village, Pabelan Sub District, Semarang Regency which there were 136 students. Metode to removal sample used purposive sampling so was could 114 students for sample. The finding of the research used Kendal tau (?) analysis that there was related between nutrient status with achievement study (r= 0,255 and p= 0,012), there was related between parent’s actor with achievement study (r= 0,406 and p= 0,000 ), and there was social economy of family with achievement study (r= 0,187 and p= 0,037). Researcher suggest to society for give more attention to their children because its from parent exspecialy have big influence to increase achievenment of study of child, with parent give support to increase its, with purpose to children have more anthusiasm in stady in school or in their home. Key words : nutrient status, parent’s actor, social economy of family, echivement study of students ABSTRAK Prestasi belajar seorang anak dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain status gizi, peran orang tua dan sosial ekonomi keluarga. Anak sekolah yang menderita gizi kurang akan mengalami gangguan kemampuan konsentrasi belajar. Berdasarkan survei pendahuluan di MI Miftahul Huda Desa Sumber Rejo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang pada tahun ajaran 2005/2006 siswa MI Miftahul Huda mendapat peringkat 1 dalam hal prestasi belajar se Kecamatan Pabelan, dan mengalami penurunan menjadi peringkat ke 2 pada tahun 2006/2007. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Miftahul Huda Desa Sumber Rejo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang 136 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling sehingga sampel yang digunakan sebanyak 114 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan pengukuran berat badan, kuesioner dan melihat nilai rata-rata dalam rapor. Hasil penelitian dengan menggunakan uji Kendal tau (?) menunjukkan bahwa ada hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar siswa (r = 0,255 dan p = 0,012), ada hubungan antara peran orang tua dengan prestasi belajar siswa (r = 0,406 dan p = 0,000), dan ada hubungan antara sosial ekonomi keluarga dengan prestasi siswa (r = 0,187 dan p = 0,037) Peneliti menyarankan kepada masyarakat agar lebih memperhatikan anak, karena perhatian orang tua mempunyai pengaruh besar terhadap peningkatan prestasi belajar anak, dengan cara orang tua berusaha untuk membangkitkan kemauan belajar anak dengan tujuan agar anak tetap mempunyai semangat yang tinggi dalam belajar baik di sekolah maupun di rumah. Kata Kunci : status gizi, peran orang tua, sosial ekonomi keluarga, prestasi belajar siswa MI

Lampiran: