PERBEDAAN MINAT KUNJUNGAN ULANG ANTENATAL CARE PADA PASIEN BPJS DAN NON BPJS DI POLIKANDUNGAN RSUD UNGARAN


Date
2018
Author
Cahyaningrum, S.Si.T., M.Kes.
Abstract Minat Konsumen memakai jasa dari pemberi jasa yang sama sangat dipengaruhi oleh pengalaman kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan sebelumnya. Jika jasa yang dialami memenuhi dan melebihi harapan, maka kualitas pelayanan akan dikatan baik dan memuaskan sehingga mereka berminat menggunakan jasa itu kembali. Sedangkan faktor yang memengaruhi kunjungan seseorang yaitu mutu produk, kualitas pelayanan, biaya, harga, SDM,tempat dan proses.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat kunjungan ulang antenatal care pada pasien BPJS dan Non BPJS di polikandungan RSUD Ungaran. Rancangan penelitian ini adalah analitik komparasi. Pengambilan sampelnya menggunakan total sampling. Populasinya adalah seluruh ibu hamil yang melakukan antenatal care dipolikandungan RSUD Ungaran. Sampel adalah ibu hamil trimester III yang melakukan kunjungan antenatal care pada tahun 2015. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan analisis bivariate dengan Man Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan antara minat kunjungan ulang antenatal care pada pasien BPJS dan Non BPJS (mandiri) dengan hasil nilai signifikan (Pvalue) sebesar 0,000 dimana nilai kurang dari ? <0,05. Keywords minat kunjungan ulang,antenatal care, BPJS, mandiri